Mungkin bagi sebagian orang yang baru mengenal unity sedikit asing dengan kata-kata "hierarchy", bahkan sampai saat ini pun saya jarang sekali menggunakan kata "hierarchy" ketika saya sedang berdiskusi bersama rekan saya mengenai unity. Hierarchy sendiri merupakan panel pada jendela editor unity yang digunakan untuk menampung semua GameObject yang terdapat di dalam scene yang kita buka. Secara umumnya panel scene berhubungan langsung dengan panel hierarchy. Jika kita menghapus GameObject yang terdapat pada panel scene, maka GameObject tersebut juga akan ikut terhapus di panel hierarchy, begitu juga sebaliknya. Untuk mengetahui mana panel hierarchy (gambar kiri) dan mana panel scene (gambar kanan), silahkan melihat gambar dibawah ini :
Panel hierarchy menunjukkan daftar GameObject yang ada pada scene, namun panel hierarchy tidak menunjukkan keterangan seperti, contoh : jika pada panel scene kita menggerakkan (position), merotasi (rotation) ataupun memperbesar/memperkecil ukuran (scale) GameObject maka perubahan pada scene tersebut tidak akan terlihat pada panel hierarchy, namun perubahan tersebut akan terlihat pada panel Inspector (untuk penjelasan mengenai inspector klik disini).
Pada beberapa kesempatan, panel hierarchy membantu user untuk melakukan tindakan seperti menggabungkan behavior objek satu dengan objek lainya yang terdapat pada scene. Contohnya jika kita ingin melakukan scale objek a, jika kita menginginkan objek b ikut terpengaruh scale yang diberikan objek a maka kita harus menjadikan objek b sebagai child objek a, caranya dengan drag objek b pada panel hierarchy dan drop di objek a pada panel hierarchy juga, dalam hal ini objek a disebut parent.
Pada gambar di atas dapat kita lihat jika Main Camera (parent) memiliki child yang bernama Control, lalu Control didalamnya juga memiliki child bernama Up, Right, Left dan Bottom. Transform dari child tidak memperngaruhi transform dari parent. Jika kita menghapus parent-nya, maka child yang berada didalamnya juga akan ikut terhapus. Pemberian script nantinya pada parent nantinya, kurang lebih child juga akan merasakan dampaknya.
Kok dikit amat?
ReplyDeletemantab ini nih yang gua cari
ReplyDelete