Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa potongan script yang biasa saya gunakan untuk menjalankan fungsi accelerometer pada smartphone anda menggunakan Unity3D. Bahasa pemrograman yang saya gunakan adalah C#. Biasanya sih fungsi ini saya gunakan untuk game yang tidak mebutuhkan banyak fungsi control. Sebelum saya berikan potongan script-nya ada baiknya kita mengerti, apa sih accelerometer itu ?.
Accelerometer adalah merupakan salah satu fitur yang di tanam pada smartphone android yang biasanya berfungsi untuk menentukan derajat kemiringan dari smartphone. Pada dasarnya fungsi sensor ini untuk mengubah tampilan layar dari posisi landscape menjadi potrait ataupun sebaliknya, sehingga tampilan menu dan aplikasi yang ada di smartphone akan menyesuaikan posisi dari smartphone.salah satu contoh yang sering menggunakan sensor ini adalah aplikasi game, misal game dalam balapan mobil sehingga kita cukup memiringkan smartphone saat belok ke kanan atau ke kiri.
Oke, udah pada ngerti kan ?, langsung aja deh daripada kelamaan ngoceh pasti temen-temen disini gak sabaran pingin copas script-nya dan melakukan testing di game kan, hhe. Berikut potongan kode yang diperlukan untuk memberikan fungsi accelerometer pada game kalian.
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class akselCharacter : MonoBehaviour {
public float speed;
void Update() {
float hor = Input.acceleration.x;
float ver = Input.acceleration.y;
this.transform.Translate(new Vector3(hor,ver,0)*speed*Time.deltaTime);
}
}
Sebagai tambahan, script di atas biasanya saya gunakan untuk game 2D, jika semisal teman-teman ingin mengimplementasikan ke game 3D silahkan explore sendiri ya. Cukup mudah dan singkat kan ?,hhehehe. Selamat mencoba, jangan lupa klik tombol "Like" ya, selamat berbagi ^_^
No comments:
Post a Comment