Wednesday, 27 May 2015

Langkah - langkah menjadi developer game iOS (iOS Game Developer - Unity)

Beberapa pekan yang lalu saya melakukan proses development game ke dalam iOS. Menurut saya, roses development aplikasi ke iOS terbilang cukup rumit. Apalagi jika kita tidak memiliki pengalaman develompent iOS sebelumnya dan kita sudah terlalu terbiasa dengan proses development di android. 

Isu yang mengatakan jika game yang bisa masuk app store adalah game yang terpilih saja itu benar adanya, karena ketika game kita sudah di upload di itunes lalu kita memutuskan untuk submit, maka pihak apple akan meninjau kelayakan aplikasi anda (akan dilakukan human testing oleh tim apple), jika memang layak maka kalian bisa melanjutkan submit ke app store, jika tidak maka game anda akan ditolak. Sangat berbeda jauh jika kita melakukan submit game ke android play store, seperti apapun bentuk game kita asalkan sudah ter-upload di situs developer playstore, maka jika kita putuskan untuk publish beberapa jam kemudian game kita sudah bisa terpampang di playstore.

Berikut merupakan langkah-langkah yang harus kita persiapkan untuk menjadi iOS Game Developer menurut pengalaman saya :

. Memiliki Blog / Website Developer
Apple menganjurkan developernya untuk memiliki website agar nantinya para pelanggan bisa langsung menghubungi developer jika terdapat hal-hal yang tidak diinginkan tanpa melalu pihak apple terlebih dahulu. Pastikan juga blog/website sudah memiliki privacy policy, jika belum kita bisa membuat halaman privacy policy terlebih dahulu. Beberapa website menyediakan layanan privacy policy secara gratis (silahkan search di google). Nantinya ketika kita sudah memasuki tahapan setting aplikasi di situs itunes, maka kita akan diminta mengisi kolom privacy policy dan itu wajib, yang artinya kita tidak akan bisa melakukan submit aplikasi jika kolom privacy policy kosong. Jika game atau aplikasi kita memiliki konten untuk anak-anak dibawah umur, pastikan juga kita memiliki halaman term of services.

. Membeli Mac/Macbook dan Device Testing
Ada baiknya peralatan perang kita merupakan peralatan sendiri, karena seperti yang kita tahu sistem keamanan dari pihak apple sangat ketat. Sangat dianjurkan untuk para developer menggunakan properti pribadi, karena apple tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu apabila kita memang sengaja menggunakan pihak ketiga untuk kepentingan developer (contoh: menggunakan mac pinjaman). Selain itu nantinya developer akan diminta menggunakan keychain access (silahkan search sendiri) untuk mendaftarkan aplikasi yang dibuat. Jika kita tidak ingin repot, lebih baik menggunakan properti sendiri ^^ (cmiwwww).

. Daftar Akun iOS Developer
Selanjutnya kita buat akun developer kita (iOS Developer) dengan biaya untuk pembuatan aku $99 per tahun. Saya pribadi belum tahu proses perpanjangan akun developer, tapi yang jelas setiap tahunnya paling tidak kita harus mempersiapkan biaya perpanjangan akun. Proses pendaftaran dan verifikasi akun setidaknya membutuhkan waktu selambat-lambatnya 2 hari. Link : developer.apple.com



. Mendaftarkan Aplikasi (Apps ID & Certificates)
Setelah akun terverifikasi kita tinggal mendaftarkan game yang kita buat di situs developer ios. Dalam proses pendaftaran game di akun iOS developer pastikan anda mengisi bundle id dengan benar (sesuai dengan game yang dibuat). Usahakan jangan sampai salah memasukkan bundle id jika tidak ingin mengulang proses pendaftaran game kita. Pada proses ini kita akan diminta memasukkan sertifikat yang didapat dari keychain access. 

. Membuat Provisioning Profile Untuk Aplikasi 
Pada proses ini sedikit rumit karena kita harus membuat beberapa profil aplikasi yang dibutuhkan. Apple membuat beberapa profil yang berbeda untuk tujuan yang berbeda-beda pula (contoh: beta testing, development, distribution dll). Pastikan bundle id di setiap sertifikat yang kita buat benar. Link : developer.apple.com

. Daftar iTunes dan Setting Aplikasi
Daftarkan akun developer kalian di situs itunesconnect.apple.com, lalu kita daftarkan aplikasi kita di MyApps dengan mengisi keterangan-keterangan wajib didalamnya . Proses setting aplikasi ini nantinya akan terus kita ulang, karena disini kita juga akan melakukan setting untuk aplikasi yang memiliki fitur app-purchase, gamecenter (achievement n leaderboard) dll. Pastikan juga jika kita sudah menyelesaikan Agreements, Tax and Banking jika kita menggunakan fitur app-purchase. Apabila kita ingin memberikan hak akses testing, admin, marketting dll, kita bisa melakukan setting tersebut di Users and Roles



. Download & Konfigurasi Xcode
Saya pribadi menggunakan akun iOS developer untuk membuat game. Game engine yang saya gunakan adalah unity. Setelah dari unity seluruh fitur tidak ada masalah, saya selanjutnya melakukan proses build ke ios. File hasil build unity ke ios adalah file Xcode. Didalam Xcode inilah kemudian kita melakukan konfigurasi selanjutnya, perlu diperhatikan jika walaupun di editor unity tidak terdapat masalah, belum tentu di Xcode tidak terdapat masalah. Jadi pada tahapan ini membutuhkan sedikit riset untuk beberapa fitur yang mungkin menghiasi game kalian ^^. Happy Research

. Menjadikan File .ipa (Achieve Aplikasi)
Ketika seluruh konfigurasi selesai maka kita akan melakukan testing. Perlu diperhatikan untuk melakukan testing iPhone harus sudah terhubung dengan iTunes pada Mac. Jika belum silahkan googling seputar iTunes iPhone connect pada Mac. Apabila sudah dilakukan testing dan tidak terdapat kendala, maka selanjutnya adalah melakukan proses achieve project Xcode. Didalamnya akan terdapat beberapa konfigurasi yang nantinya kita akan menjadikan aplikasi menjadi bentuk archieve/ipa. Kita juga bisa langsung melakukan publish app pada iTunes connect melalui cara ini.

. Download Application Loader
Jika koneksi internet kita kurang memadahi untuk melakukan publish app dari Xcode, maka saya (pihak apple juga) sarankan untuk menggunakan software application loader. Pada software ini kita akan melakukan upload file .ipa kita ke iTunes connect

. Submit Game Untuk Dilakukan Review (Pasca Beta Testing)
Setelah file .ipa terupload, maka kita bisa melakukan pengujian beta testing untuk melakukan test beberapa fitur seperti app purchase, game center dll. Jika dalam proses pengujian beta tidak terdapat kendala, maka kita tinggal melakukan submit app untuk dilakukan review. Durasi dilakukan proses review (antrian) sekitar 7 hari. Ada beberapa ketentuan yang dibuat oleh pihak apple mengenai aplikasi / game kita, disarankan telah membaca seluruh ketentuan dari iOS seputar keriteria aplikasi yang memiliki kemungkinan diterima dan ditolak. 

. Proses Review (In Review)
Status anda akan menjadi in review jika setelah dilakukan submit app selama kurang lebih 7 hari. Proses in review mungkin memakan waktu sekitar7-9 jam. Jika aplikasi kita ditolak oleh pihak apple maka saran saya adalah jangan panik, karena pihak apple memberikan alasan dan saran tentang aplikasi yang ditolak tersebut. Berpikir saja mungkin aplikasi anda memang perlu dilakukan beberapa koreksi dan revisi. Namun kekuranganya adalah kita harus melakukan submit review ulang dengan durasi sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya (mengulang proses antrian)

. Publish Game Ke App Store
Jika aplikasi sudah tidak ada masalah maka aplikasi sudah diijinkan untuk dilakukan publish ke app store. Selamat anda berhasil menjadi developer iOS ^^

Semoga artikel ini bermanfaat. Artikel ini merupakan artikel yang saya buat dengan berkaca pada pengalaman pribadi saya, jadi jika ada kemungkinan proses menjadi lebih rumit atau lebih mudah saya tidak bertanggung jawab di dalamnya. Selamat mencoba :)


4 comments:

  1. Salam kenal,
    Saya Viky... Newbie yang pengen belajar Unity3D.. :)

    Terimakasih atas artikel2nya yang menarik, mengenai posting an mas firman tentang menjadi IOS developer ini...
    mas firman kan memakai Unity untuk bikin aplikasinya...

    Yang saya mau tanyakan apakah mas firman memakai Unity versi personal / Unity Pro yang berbayar bulanan...
    kalau menggunakan versi free atau personal yang notabene jika di publish akan muncul splash frame build by With Unity
    apakah akan berpengaruh pada penilaian user tentang game kita..? dan apakah banyak game2 di itunes yang memakai free edition unity ini dan ada splash frame nya...

    Dan Kalau mas Firman menggunakan versi Pro.. Berapa kira2 biaya yang harus di keluarkan....

    Terimakasih atas Perhatiannya,,,,
    Salam satu jiwa AREMA..:)

    Regards,
    Viky

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mampir blog ini , hhe. maaf jarang post n terlambat.
      Jadi saya saat ini masih menggunakan unity versi free . Sebenarnya penilaian user (gamer) menilai sebuah game menurut sudut pandang saya bukan dikarenakan software yang digunakan free/tidak (unity) tapi mereka menilai menurut sudut pandang kualitas game tersebut. berbeda dengan ketika seorang professional (developer) pasti sedikit banyak memberikan penilain mulai dari game engine apa yang kira-kira digunakan, graphic, berapa tim yang menggarap sebuah game tersebut dll (lebih detail) . mungkin mas viky jika dilihat dari pertanyaan yang ini menilai dari sudut pandang developer. :)

      lalu untuk pertanyaan selanjutnya. Sejauh ini saya sudah melakukan develop beberapa game iphone dan ternyata di accept oleh pihak apple, hal tersebut menandakan tidak ada masalah dengan splash screen unity. Untuk banyak atau tidaknya saya kira cukup banyak , namun kebanyakan developer yang cukup sukses dengan free edition nya pasti memiliki niat untuk membeli yang versi pro ada dan otomatis game nya telah di up ke unity pro. karena spt yang ditahu unity free memiliki batasan seperti "wajib membeli versi pro jika keuntungan lebih dari...." (silahkan search d google hhe.

      dan yang terakhir, untuk unity versi pro saya lupa untuk biaya pastinya berapa , jadi silahkan search aja di google ya hhehe.

      terimakasih sudah mampir.
      Salam satu jiwa Arema ^^
      Best Regards.

      Delete
  2. Thank you for sharing this article, it is great info provide me. visit best leading
    game app developers

    ReplyDelete
  3. kak terima jasa pembuatan game

    ReplyDelete