Friday, 15 May 2015

Belajar Unity Dasar. "Mengenal Prefab" ( Unity Tutorial Basic - Indonesia )

Saya pernah mengalami masa-masa susah ketika saya harus mencari tahu bagaimana cara memanggil objek yang tidak berada pada hierarchy unity ?, itu adalah salah satu contoh yang pernah saya alami, dan kebanyakan tutorial yang ada adalah untuk para expert yang paling tidak sudah memahami istilah-istilah yang biasa digunakan di unity, apalagi kebanyakan tutorial menggunakan bahasa inggris yang membuat otak ini harus bekerja 2x kali. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan ilmu yang saya miliki kepada para newbie unity menggunakan bahasa yang sangat awam.

Seperti pertanyaan yang di awal sudah saya singgung, kebanyakan untuk orang awam pertanyaan yang muncul adalah adalah "Bagaimana cara memanggil objek yang tidak berada pada jendela utama unity ?" atau "Bagaimana cara memanggil objek yang tidak berada pada scene yang saat itu dijalankan ?". Jawaban untuk pertanyaan itu adalah, kita harus menyimpan objek terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara menyimpan objek yang kita inginkan ?, caranya sangatlah mudah yaitu dengan cara menjadikan objek tersebut prefab. Pertanyaanya adalah "Apa itu prefab ?".

Definisi atau penjelasan awam mengenai prefab adalah "Objek yang kita simpan". Lalu apakah fungsi prefab itu ?, fungsi prefab sendiri adalah jika sewaktu-waktu kita membutuhkan objek yang sama seperti yang pernah kita gunakan sebelumnya, atau setting-annya sama dengan objek yang sama tapi di scene yang berbeda, kita bisa menggunakanya kembali tanpa harus melakukan setting dari awal lagi (yang dimaksud setting-an adalah contohnya apabila kita sudah mengganti warna objek, kita sudah melakukan set posisi default pada objek, kita sudah memberikan script pada objek dll). Bagaimana cara menjadikan objek di scene menjadi sebuah prefab ?, yaitu dengan cara drag objek yang kita inginkan untuk menjadikanya prefab (Pada menu hierarchy. nb: untuk penjelasan apa itu hierarchy silahkan klik disini) lalu drop object tersebut di folder assets. Maka objek tersebut akan secara otomatis menjadi sebuah prefab. Lihat gambar dibawah.


Untuk objek yang tidak memiliki bentuk (gambar, image, sprite dll) maka prefab-nya akan berbentuk box biru (lihat gambar), tapi jika objek tersebut memiliki bentuk, maka prefabnya akan akan keluar thumbnail bentuk objek, jadi pastikan kita sudah memberikan nama yang sesuai untuk prefab yang kita buat.

4 comments: